Minggu, 08 Juli 2012

Cara Cek dan Atasi Jika Terinfeksi DNS Changer Trojan

Kiamat Internet 9 Juli: Cara Cek Dan Atasi Jika Terinfeksi DNS Changer Trojan.

Mau tahu cara selamat dari kiamat internet 9 Juli? Maka berikut ini adalah cara mengecek apakah komputer kamu terjangkit virus DNSChanger Trojan dan bagaimana cara atasi jika terkena untuk komputer berbasis Windows dan Mac OS X.

Sedikit info tentang DNS dan virus DNSChanger Trojan.

DNS (Domain Name System) mengganti / merubah nama domain mudah diingat, seperti akujalanterus.blogspot.com menjadi alamat numerik (angka) internet protocol (IP) yang di gunakan komputer untuk berkomunikasi dengan yang lain. Jadi setiap kali kamu mengakses AkuJalanTerus.Blogspot (yang memang sudah seharusnya sering di akses :D), komputer kamu mengambil kode IP numerik, kemudian mengirimkannya ke DNS, hasilnya si DNS mengirimkanmu ke website tujuan.

Jika komputer milikmu terinfeksi DNSChanger, memungkinkan si pengirim virus mengendalikan server DNS. Ketika mereka berhasil kendalikan DNS komputer, mereka dapat mengendalikan website apa saja komputermu harus terhubung, mencampuri kinerja web browser dan membuat komputer kamu rentan terhadap serangan malware (software jahil) lainnya. Hal inilah yang sedang dialami ribuan komputer di Amerika, mereka sedang berjuang mengatasinya.

Bagaimana cara mengecek apakah komputer saya terinfeksi DNSChanger?

Ada 2 cara untuk mengetahui hal itu, pertama kamu bisa kunjungi situs yang dibuat oleh FBI, yang beralamat di http://www.dns-ok.us/. Kamu cukup membuka tautan tersebut, dan langsung mendapati jawaban. Jikalau background berwarna hijau, maka komputer kamu tidak terinfeksi. Jika background berwarna merah maka, sayang sekali, komputer kamu terinfeksi.

DNS Changer
Bersih / Tidak Terinfeksi
Namun jika ISP (Internet Service Provider / Penyedia Layanan Internet) Anda mengatur ulang lalu lintas DNS, maka kemungkinan komputer terlihat bersih. Walaupun ada kemungkinan pengaturan DNS Anda sudah diubah oleh virus jahat.

Jika begitu maka lakukan 2 cara berikut tergantung Sistem Operasi yang kamu gunakan.

A. Untuk komputer berbasis Windows.

1. Ketik cmd pada kotak search.
2. Lalu di saat command prompt muncul, maka kamu ketik ipconfig /allcompartments /all kemudian klik enter.
3. Cari baris bertuliskan DNS Server. Kemudian kamu salin rentetan kode string yang mengikuti server DNS. Jika banyak artinya komputer milikmu sedang akses lebih dari satu server.

B. Untuk komputer berbasis Mac OS X.

1. Buka menu Apple, umumnya terletak di kiri atas layar monitor.
3. Kemudian pilih system preference.
3. Kemudian buka menu network setting dengan mengklik ikon network.
4. Lalu kamu arahkan ke Advance Setting dan tulis kebawah sejumlah kode string yang terletak di dalam box server DNS.
5. Beres.

Setelah kamu dapatkan alamat IP milikmu, yakni IP yang DNS server gunakan, kamu salin dan laporkan ke situs FBI. Maka FBI DNSCHanger akan melaporkan kepada kamu, mengenai apakah komputer kamu gunakan server DNS jahat. Jika iya, maka kamu harus lakukan cara berikut ini.

Cara atasi komputer terjangkit DNS Changer.

Pertama-tama backup data penting yang tersimpan di komputer kamu. Kemudian kamu bisa kunjungi situs FBI terdapat file PDF bisa dibaca, berisi apa yang harus kamu lakukan jika komputer berbasis Mac atau Windows kamu terjangkit si DNS Changer Trojan.

Atau kamu bisa kunjungi alamat website berikut ini http://www.dcwg.org/fix/, di halaman tersebut tersedia software komplit untuk membersihkan malware, trojan dan virus. Dan sangat di rekomendasikan, karena software tersebut adalah produksi Kaspersky, Microsoft, MacAfee, Norton, Avira dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini